ForgiveN buT noT ForgoTTeN

Apa sih yang ada di pikiran kita saat kita mendengar kata ini 'Forgiven' or 'Memaafkan'?
Kemarin iseng-iseng aku nanya nih ma beberapa temen tentang arti forgiven. Aku pikir bagus klo ditulis di blog sengihnampakgigi. Buat temen-temenku, jawaban kalian aku posting yah. kenyit Yuk kita baca..

Arti Memaafkan :

Menurut Tika : "Memaafkan itu berarti mengampuni dosa."

Menurut ways : "Memaafkan itu berarti mengampuni,
menghapuskan kesalahan."

Menurut Ezra : "Aku juga masih belajar memaafkan, yuk sama-sama belajar. Kita punya akal budi...orang yang berakal budi itu penayabar dan pemaaf akal seseorang selalu berpikir untuk kebaikan dirinya sooo memaafkan juga demi kebaikan diri si pemberi maaf itu juga.."
Ini ayat referensi nya :

* amsal 19:11 "Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran."
* Mikha 7:18 · Siapakah God seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?

Menurut Anthoni : "memaafkan bagi gw ya mengampuni dengan tulus hati... n memaafkan itu ibarat kata melupakan kesalahan baik yang dilakukan org lain ataupun diri kita sendiri... sebenarnya sih memaafkan itu bukan mengampuni...kalau memaafkan itu gw pikir ga menyeluruh... tetapi kalau mengampuni itu mencakup keseluruhan. yyaahh... dengan kata lain dia ga memaafkan dengan tulus hati ^^"


Trus kalau forgiven but not forgotten gimana??

Menurut Ezra : "inti dari memaafkan ada lah mengungkapkan rasa simpatik, cinta, ato sayang pada orang yang melakukan kesalahan itu jadi....bagus tuh kalo bisa melupakan kesalahan orang laen hanya saja, manakala kita ngga bisa melupakan kesalahannya yah.. apa boleh buat kita tetap ngga selamanya memarahinya... toh mala itu bikin kita ngga damai sejahtera khan... di kita maupun di orang laen dengan mengampuni,hendaknya orang belajar memperbaiki hubungan yang rusak."

Menurut Ways : "memaafkan tapi tidak melupakan? melupakan kesalahan bukan peristiwa nya"

Klo menurut aku sendiri, memaafkan itu
"Sebagai wujud kasih pada diri kita sendiri.Dalam artian, dengan melakukan itu, kita sama aja membantu diri kita sendiri. Membuat hati kita tenang. Bisa ga sih kita bayangkan, gimana hidup kita bila setiap detik nya, masih ada perasaan benci, perasaan amarah ma orang lain. Ga tenang kan. Memang sih terkadang, memaafkan itu sulit. Tapi dengan minta bimbingan dari Tuhan, pasti deh, memaafkan itu ga sulit. Dengan memaafkan kita tidak menghambat berkat dari Tuhan."

Memaafkan tetapi tidak melupakan?
"Melupakan di sini lebih tepatnya kejadian nya, tapi orang yang melakukan nya
udah di maafkan. Itu karena manusia diberikan memori untuk ingat setiap kejadian
dalam hidupnya baik yang sedih maupun yang senang."

Matius 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.



Photobucket

1 terang dunia bersinar:



Bobby mengatakan...

nice..

Posting Komentar